Pages

Banner 468 x 60px

 

Kamis, 02 Februari 2012

Tempat wisata di kota pontianak

0 komentar
bingung....:bingung....cari tempat wisata di pontianak????

Di bawah ini adalah catatan awal tentang tempat Wisata Pontianak, sebuah kota madya dan kabupaten di Kalimantan Barat dengan kode area telepon 0561. Setelah Kota Pontianak menjadi kotamadya, Kabupaten Pontianak beribukota di Mempawah, 67 km dari Kota Pontianak.
Kabupaten Pontianak berbatasan dengan wilayah Bengkayang di Utara, wialayh Kubu Raya dan Kota Pontianak di Selatan, Laut Natuna di Barat, dan wilayah Landak di Timur.

Wisata Pontianak :travel


wisata pontianakWisata Pontianak di Jl Budi Utomo, dimana pengunjung bisa melihat tanaman Aloe vera dibuat menjadi tepung, makanan dan minumanan. Di sini juga terdapat Orchid Center yang membudidayanan anggrek, termasuk anggrek hitam khas Kalimantan.
Kebun Binatang Pontianak
wisata pontianakWisata Pontianak di Jl Adisucipto yang berdiri sejak 1976, dengan koleksi lebih dari 50 satwa, termasuk burung hantu, elang laut, kakatua, kasuari, pecuk ular, tekukur, berbagai primata, dan satwa lain.
Keraton Amantubillah Pontianak
wisata pontianakWisata Pontianak di Kelurahan Pedalaman, Kecamatan Mempawah Hilir, dibangun oleh Panembahan Mohd. Atufik Akamaddin pada 1922 setelah bangunan lama habis terbakar.
Keraton Kadariyah Pontianak
wisata pontianakWisata Pontianak di Kampung Dalam Bugis, Pontianak Timur, yang menyimpan peninggalan Keraton Pontianak seperti cermin pecah seribu, meja giok, meriam, pakaian kerajaan, singgasana. Dibangun oleh Sultan Syarif Abdurrahman pada 1771 dan terbuat dari kayu belian.
Makam Batu Layang Pontianak
wisata pontianakWisata Pontianak di Batu Layang yang merupakan makam-makam Raja-Raja Pontianak, mulai dari raja pertama (Sultan Syarif Abdurrahman Alqadrie) sampai raja terakhir (Sultan Hamid II) dan keluarga raja.
Makam Opu Daeng Menambon Pontianak

wisata pontianakWisata Pontianak yang terletak di atas bukit, 5 km dari Desa Pasir, Kec Mempawah Hilir, yang merupakan Raja Mempawah pertama bergelar Pangeran Mas Surya Negara (wafat pada 26 Syafar 1175 H).
Masjid Jami Pontianak
wisata pontianakWisata Pontianak yang terletak tepat di sisi sungai Kapuas, berhadapan dengan Keraton Kadariyah. Masjid pertama di Kota Pontianak ini dibangun oleh Sultan Syarif Abdurrahman pada tahun 1771.
Masjid Keraton Jami’atul Khair Pontianak
wisata pontianakWisata Pontianak di tepi Sungai Mempawah, tidak jauh dari Keraton Arnantubillah, dibangun pada 25 Desember 1906 oleh Panembahan Menpawah Mohammad Atufik Akamaddin.
Muara Kakap Pontianak
wisata pontianakWisata Pontianak di Desa Sungai Kakap, 15 menit dari Kota Pontianak, dengan tempat pemancingan, restoran hidangan laut dan kebun buah.
Museum Negeri Pontianak
wisata pontianakWisata Pontianak di Jalan Ahmad Yani, dengan berbagai koleksi aneka kerajinan patung, tempayan kuno, miniatur bangunan tradisional dan dan koleksi luar ruang.
Pantai Kijing Pontianak
wisata pontianakWisata Pontianak yang berjarak 18 km dari kota Mempawah, 93 km dari Kota Pontianak, dengan kolam renang, kantin, mushola, wihara, dan panggung pertunjukan.
Pantai Jungkat Pontianak
wisata pontianakWisata Pontianak di tepi jalan raya Jungat, Kecamatan Siantan, dengan panorama alam yang kabarnya indah.
Rumah Betang Pontianak
wisata pontianakWisata Pontianak di Jl. Sutoyo, yang merupakan Rumah Adat Suku Dayak. Setiap tahun di tempat ini diselenggarakan Festival Gawai Dayak.
Taman Alun Kapuas Pontianak
wisata pontianakWisata Pontianak di tepi Jalan Rahadi Osman sampai ke tepian Sungai Kapuas, dengan kantin, anjungan pandang di atas air, perahu wisata dan arena bermain anak.
Teluk Paku Pulau Temajo Pontianak
wisata pontianakWisata Pontianak yang berjarak 5 km dari pantai Desa Sungai Kunyit (45 menit dengan perahu motor), 86 km dari kota Pontianak, dengan panorama indah, dan deretan pulau kecil seperti Pulau Datuk, Pulau Pandamar dan Pulau Setinjang.
Tugu Khatulistiwa Pontianak
wisata pontianakWisata Pontianak di Jalan Khatulistiwa, Pontianak. Setiap tahun, pada 21 -23 Maret dan 21-23 September, di tempat ini diperingati Hari Kulminasi Matahari dimana matahari tepat berada di atas garis khatulistiwa.
Vihara Bodisatva Karaniya Metta Pontianak
wisata pontianakWisata Pontianak yang berada tidak jauh dari Komplek Pasar Kapuas Besar, menghadap Sungai Kapuas, merupakan bangunan cagar budaya yang telah ada sejak 1829 pada masa pemerintahan Sultan Syarif Osman Alkadrie.
Vihara Paticca Samuppada Pontianak
wisata pontianakWisata Pontianak yang berada di tengah laut, di daerah Sungai (Sei) Kakap, 15 km dari pusat Kota Pontianak, dan dicapai dengan menggunakan menyewa perahu.
Vihara Thien Hew Sin Mu Pontianak
wisata pontianakWisata Pontianak di tengah Kota Mempawah, yang dibangun tahun 1908 dan telah mengalarni beberapa kali pemugaran.

0 komentar:

Posting Komentar